Bojonegoro Raih Anugerah Kab/Kota Sehat Tahun 2023 Tingkat Nasional

rerenova2
Img 20231129 Wa0023

Jakarta|MMCnews.id – Dalam perjalanannya, di Eropa era 1980 an sejalan dengan piagam Otawa untuk kesehatan yang berkelanjutan, kota sehat bukan hanya tentang pelayanan kesehatan, tetapi juga melibatkan aspek sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya. Menurut World Health Organization (WHO), kota sehat adalah yang memberikan manfaat bagi manusia dan planet, serta mendorong partisipasi aktif warganya.

Menurut WHO, model kota sehat memiliki enam kategori, yakni peace, planet, place, people, participation, dan prospering. Pada tahun 1998, Indonesia meluncurkan pilot project kota sehat di enam kota, dan pada tahun 2005 diterbitkan pedoman penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat oleh Kemendagri dan Kemenkes RI. Kabupaten/Kota sehat di Indonesia adalah Kab/Kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk ditinggali penduduknya yang dicapai melalui pelaksanaan beberapa pengaturan dengan kegiatan terpadu yang disepakati oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Pemerintah RI memberikan penghargaan Kab/Kota sehat yang memenuhi kriteria setiap dua tahun sekali, yang dikenal dengan Swasti Saba yang terbagi dalam kategori yaitu Padapa, Wiwerda, dan Wistara. Pondasi pendekatan Kab/Kota sehat melibatkan kepemimpinan Pemerintah Daerah, kolaborasi lintas sektor, partisipasi masyarakat, dan kolaborasi Pemerintah, masyarakat, serta swasta.

Tinggalkan Balasan