Buah Manis Transformasi dan Digitalisasi, PLN Raih 5 Penghargaan Indonesia Digital Innovation and Achievement Award 2022

“Transformasi tidak hanya di sisi manajemen, tetapi juga teknologi, budaya perusahaan, teknikal skill baru, dan semua aspek lain. Kami lakukan itu secara paralel demi mengubah perusahaan yang sebelumnya statis menjadi dinamis dan _forward looking_,” jelas Darmawan.

PLN Nusantara Power mengantongi satu penghargaan sebagai _Best Digital Innovation in Electricity Energy._ Sedangkan, PLN Icon Plus mendapatkan dua penghargaan yaitu _Best Overall Digital Innovation and Achievement_ dan _Best Digital Innovation Telecommunication._

Darmawan menjelaskan dalam operasional pembangkitan PLN Nusantara Power melakukan inovasi digital untuk mengefisiensikan proses bisnisnya.

Salah satu inovasi yang dilakukan melalui penerapan aplikasi IZAT (Aplikasi _Zero Accident Assistant_). Aplikasi ini merupakan optimalisasi seluruh proses bisnis khususnya keselamatan kerja mulai dari pembuatan aplikasi, pengelolaan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi proses bisnis. Sehingga dalam operasional, perusahaan bisa memenuhi standart SMK2 (Sistem Manajemen Keselamatan Ketenagalistrikan) & NFPA _(National Fire Protection Association)_ dengan memanfaatkan teknologi _(Radio-Frequency Identification)_ berikut NFC _(Near Field Communication)_ dan diintegrasikan dengan aplikasi mobile dan web.

  Empat Tahun Jalankan Transformasi, Nilai Aset PLN Tembus Rp1.691 Triliun

Sedangkan PLN Icon Plus, menurut Darmawan adalah bentuk ekspansi bisnis yang dilakukan PLN dalam mengoptimalkan aset perusahaan berupa kabel fiber optic. Selain menghadirkan layanan koneksi internet _broadband_ yang andal, PLN juga menghadirkan _customer experience_ melalui layanan digital seperti _Electric Vehicle Digital Service_ (EVDS).

“Ini salah satu bentuk langkah optimalisasi aset sehingga aset yang kita miliki bisa memberikan tambahan _revenue_ perusahaan dan peningkatan layanan kepada masyarakat,” pungkas Darmawan. (Dex)

Tinggalkan Balasan