“Metode ini membuat para pelaku usaha dapat langsung mengaplikasikan ilmu ke dalam bisnis mereka,” ujar Sally.
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, (Disdagkop UM) Retno Wulandari, ST., MM., menegaskan tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kapasitas UMKM, baik dalam manajemen usaha maupun strategi penjualan.
“Produk UMKM harus punya kualitas sekaligus daya tarik di pasar. Manajemen yang tepat dan pemahaman psikologi konsumen akan membuatnya lebih kompetitif,” ujarnya.
Dalam pelatihan ini, narasumber berpengalaman membawakan dua materi utama diantaranya, Manajemen Usaha dan Psikologi Penjualan.
Melalui sinergi lintas instansi, Bimtek ini diharapkan menjadi langkah nyata untuk mencetak UMKM yang lebih profesional, meningkatkan omzet penjualan, dan memperkuat perekonomian lokal.