Jakarta ||IPers – 7 Januari 2024. Transformasi yang terus dilakukan PT PLN (Persero) turut berbuah manis terhadap bisnis di luar sektor kelistrikan (_beyond kWh_) sepanjang tahun 2023. Dibandingkan dengan capaian tahun 2022, bisnis tersebut berhasil tumbuh sebesar 28 persen.
PLN melalui subholding PLN Icon Plus berhasil memaksimalkan aset kelistrikan menjadi layanan _fixed broadband_. Layanan yang dikenal sebagai Iconnet ini mampu memperoleh lebih dari 1 juta pelanggan hingga akhir tahun 2023.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, kehadiran PLN Icon Plus diharapkan dapat memberikan solusi untuk pelayanan bisnis di luar sektor kelistrikan atau _beyond kWh_.
“PLN Icon Plus telah berhasil melakukan berbagai terobosan dalam transformasi subholding _beyond kWh_, dari proses bisnis yang sebelumnya manual dan terfragmentasi menjadi terdigitalisasi dan terintegrasi sejalan dengan perkembangan bisnis,” kata Darmawan.
Dirinya menambahkan, transformasi bisnis ini terbukti memberikan dampak positif pada pertumbuhan kinerja PLN Icon Plus. Raihan pendapatan PLN Icon Plus pada 2023 menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.
”Kami mengubah cara pandang dari sebelumnya _backward looking_ menjadi _forward looking_, layanan yang sebelumnya statis menjadi dinamis dan _agile_ sehingga kami mampu mengubah tantangan menjadi peluang. Kini kami juga makin optimal dalam melayani masyarakat,” lanjut Darmawan.
Darmawan pun optimistis transformasi ini akan mengantarkan PLN Icon Plus menjadi pemimpin dalam lini bisnis konektivitas, digital dan solusi hijau. PLN Icon Plus melalui layanan Iconnet berhasil meraih persentase _Take Up Ratio_ (TUR) atau perbandingan pembangunan _Home Pass_ terhadap jumlah pelanggan di industri telekomunikasi yang tertinggi di Indonesia.