Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek, Komitmen Wujudkan Pelayanan Publik Responsif dan Profesional

Bojonegoro – Pemkab Bojonegoro terus berupaya melakukan penguatan budaya pelayanan dalam mewujudkan birokrasi yang responsif, profesional, ramah, beretika serta berorientasi pada kepuasan masyarakat. Untuk merealisasikannya, Pemkab menggelar bimbingan teknis (bimtek) penguatan pemahaman budaya layanan di lingkup Pemkab Bojonegoro yang dilaksanakan di Ruang Angling lt.2 Gedung Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur, pada Senin (11/08/2025).

Kegiatan bimtek ini diikuti oleh petugas front office, tenaga pelayanan publik dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unit layanan kecamatan, puskesmas, RSUD, serta petugas pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP).

Asisten Perekonomian dan Kebudayaan Setda Kabupaten Bojonegoro Kusnandaka Tjatur menyampaikan, pelayanan publik adalah wajah pemerintah di mata masyarakat. Ia mengingatkan pentingnya pemahaman dan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) secara konsisten.

“SOP adalah pedoman utama agar layanan yang diberikan memenuhi standar dan memuaskan masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, ia mendorong seluruh petugas untuk membiasakan perilaku positif dalam pelayanan, termasuk sikap ramah, responsif, dan siap membantu. Pelayanan publik bukan hanya soal kecepatan, tetapi juga tentang sikap yang menghargai masyarakat sebagai mitra. Dengan budaya pelayanan yang kuat, pemerintah bisa memberikan layanan yang lebih humanis dan berkualitas.

“Ke depan akan ada monitoring dan penilaian oleh pemerintah provinsi maupun pusat, salah satunya terkait dimensi budaya pelayanan,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan