Pembelajaran Daring Tak Terasa Garing di Era Pandemi Covid-19

3) Mengajak siswa berkolaborasi, baik dengan orang tua, maupun temannya dalam pembelajaran jarak jauh salah satunya diskusi dengan orang tua/ teman yang dekat rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan..

4) Menerapkan model dan pendekatan yang bervariasi dalam pembelajaran jarak jauh. Disini pendekatan yang cocok untuk pembelajran daring adalah pendekatan TPACK dan model pembelajran yang cocok untuk pembelajaran abad 21 secara daring adalah  projec based leaerning (PjBL), pendekatan berbasis masalah problem based learning (PBL), atau discovey learning.

5) Ketika pembelajran selalu mengajak siswa untuk  berpikir tingkat tinggi Higher Order Thingking (HOTS) baik dalam kegiatan inti saat pembelajaran maupun diterapkan saat evaluasi pembelajran . Bentuk tugas amupun evaluasi yang berorientasi HOTS tersebut mampu mendorong siswa dalam menganalisis, mengevaluasi dan berkreasi.

b.Tantangan yang Dihadapi Siswa dalam Pembelajaran yang menyenangkan  Berorientasi HOTS menggunakan Zoom

Pembelajaran jarak jauh (Daring) ini membuat banyak siswa dan wali murid yang mengeluh karena adanya tugas setiap hari tanpa ada pembelajaran langsung, mereka selalu berharap pendidikan kembali normal. Hal ini tidak dapat di pungkiri lagi karena banyak sekali aduan dari wali murid. Guru harus mampu memberikan solusi yang terbaik agar tidak membebani siswa dengan puluhan tugas yang memberatkan mereka. Sudah beberapa bulan siswa tidak dapat bersekolah karena pandemi ini. Siswa sudah jenuh di rumah saja dan mengerjakan tugas dari guru. Orang tua pun mulai lelah,selain karena bukan basicnya guru mereka jenuh  dimana mereka setelah pulang bekerja harus mengajar anaknya yang seharusnya didapatkan dari sekolah,  Adapun tantangan yang harus dihadapi siswa dalam pembelajaran Daring yang menyenangkan dan berorientasi HOTS menggunakan Zoom antara lain:

  Forpimda Kab.Malang Hadiri Pelepasliaran Elang Jawa Di TNBTS Ngadas, Poncokusumo.

1) Siswa harus mengenal platform yang digunakan dalam pembelajaran daring. Secara mandiri ataupun dengan bimbingan guru, siswa diarahkan untuk mengenal platform yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Siswa harus mengasah kemampuan tekhnologinya dengan pendampingan orang tua ataupun guru. Disini guru harus membuatkan dan menginstalkan akun satu persatu kepada mereka yang sama sekali tidak paham platform tersebut, guru juga harus mengajari mereka yang tidak menguasai tekhnologi terutama penggunaan zoom

2) Untuk siswa SD karena sebagian besar HP orang tua mereka harus mampu berkolaborasi dalam pembelajaran zoom. Dimana terkqadang hp dibawa orang tua bekerja.

3) Masalah sinya pun menjadi tantangan bahkan kedala bagi banyak siswa karena tidak semua siswa memiliki sinyal yang kuat.

4) Kuota yang digunakan siswa dalam mencari sumber belajar lain. Sekarang ini Pemerintah sudah memberikan kuota gratis untuk siswa yang berguna untuk mengakses sumber belajar dari internet namun kuota itu belum merata ke seluruh siswa kemungkinan penyalurannya bertahap.

  Tugas Konsultan Pengawas Proyek

5) Saat pembelajran zoom yang menyenangkan Siswa harus mampu memunculkan ide kreatifnya dalam menganalisis suatu masalah atau tugas yang diberikan oleh guru. Ide kreatif tersebut mampu mendorong siswa untuk  berinovasi dan menghasilkan suatu karya yang baik sehingga aktifitas pembelajran HOTS Bisa Berkembang

Peran orang tua sangatlah penting dalam mendukung pembelajaran daring tertama pembelajaran yang menyenangkan berorientasi HOTS menggunakan zoom. Apalagi untuk siswa sekolah dasar yang butuh dukungan dan pendampingan dalam menggunakan TIK.

3.Kesimpulan

Dalam pembelajaran jarak jauh ( daring) ini, hendaknya guru memberikan aktivitas pembelajaran yang menyenangkan beroriaentasi Hots dengan menggunakan Platform zoom sebagai pembelajaran sinkron. Tidak sekedar menyenangkan dan berorientasi pada tingkat berpikir kritis (HOTS), namun juga memberikan kemampuan kepada siswa untuk memecahkan masalah, dan juga mampu berkomunikasi serta berkolaborasi.

Memotivasi siswa adalah hal yang harus dilakukan, dengan siswa termotivasi maka nereka akan selalu memunculkan ide kreatifnya dalam aktivitas pembelajaran. Selain zoom. Banyak sekali platform yang dapat digunakan dalam pemebelajaran jarak jauh sebagai pembelajaran sinkron, antara lain google clasroom, zoom, dan google meet namun di sini saya lebih memilih zoom karena saya rasa paling mudah diakses oleh siswa. Guru juga ikut mengenalkan dan mengajarkan platform kepada siswa supaya siswa bisa mengikuti pembelajaran tanpa terkecuali.

  Tugas dan Wewenang Konsultan Perencana

Tantangan yang dihadapi oleh siswa pun sangat beragam. Baik dari cara siswa menggunakan dan mengenal platform. Siswa dituntut untuk mampu mengenal platform yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Siswa harus mampu berkolaborasi dengan orang lain. Siswa harus pandai dalam mencari sinyal dan memanfaatkan kuota belajar yang diberikan oleh pemerintah untuk mengakses sumber belajar. Siswa harus mampu memunculkan ide kreti dalam memacahkan suatu masalah.

Daftar Pustaka

http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020

https://esawitri22.blogspot.com/2018/10/proses-pembelajaran-abad-21.html#:~:text=Pembelajaran%20abad%2021%20merupakan%20pembelajaran,termasuk%20pada%20proses%20belajar%20mengajar.

https://mediaindonesia.com/read/detail/348998-kemendikbud-luncuran-program-guru-belajar-seri-masa-pandemi. (503m)

Penulis: Latifanny Wardhah Shomita,S.Pd.

Tinggalkan Balasan