Desa, Ragam  

Nyadran, Warga Dusun Banaran Desa Babad, Mengarak Gunungan Hasil Panen

admin
Img 20230618 173836 Copy 515x439

Bojonegoro | MMC – Tradisi rutin yang setiap tahun di gelar oleh Warga Dusun Banaran Desa Babad Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, adalah Nyadran (istilah jawa red) atau sedekah bumi, pada Minggu (18/06/2023) pagi.

Rangkaian sedekah bumi di dusun Banaran desa babad tersebut berlangsung sejak pagi, kegiatan diawali dengan menggelar ziarah kubur dan doa bersama di makam dusun setempat. Pada siang harinya dilanjutkan dengan arak – arakan gunungan yang diikuti oleh ratusan warga dengan diiringi grup rebana dan drumband siswa SDN 1 babad.

Disela – sela kegiatan H.Yarbo Kades Babad kepada media ini menyampaikan, Gunungan merupakan sebutan untuk kumpulan hasil panen dari semua jenis tanaman yang disusun sedemikian rupa hingga menyerupai gunung, dan pada saatnya akan diperebutkan masyarakat, gunungan memiliki filosofi dan simbol dari kemakmuran.
sedekah bumi adalah tradisi turun temurun sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah memberikan bumi tempat kita berpijak dengan segala rezeki berupa hasil bumi untuk keberlangsungan hidup manusia ” ucapnya.

Tinggalkan Balasan